Hari Biasa, Pekan Adven I Senin, 4 Desember 2017

Liturgia Verbi (B-II)
Hari Biasa, Pekan Adven I

Senin, 4 Desember 2017

PF S. Yohanes dari Damsyik, Imam dan Pujangga Gereja



Bacaan Pertama
Yes 2:1-5

“Tuhan menghimpun semua bangsa dalam kerajaan damai abadi Allah.”

Pembacaan dari Kitab Yesaya:

Inilah firman yang dinyatakan kepada Yesaya, putera Amos,
tentang Yehuda dan Yerusalem.
“Pada hari-hari yang terakhir akan terjadilah hal-hal ini:
di atas gunung-gunung
dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit.
Segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata,
‘Mari, kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub,
supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya,
dan supaya kita berjalan menempuh jalan itu.
Sebab dari Sion akan keluar pengajaran,
dan dari Yerusalem akan keluar sabda Tuhan.’
Tuhan akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa
dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa.
Maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak
dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas.
Bangsa yang satu tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap
bangsa yang lain, dan mereka tidak akan lagi berlatih perang.
Hai kaum keturunan Yakub,
mari kita berjalan di dalam terang Tuhan!”

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 122:1-4a.4b-7.8-9,R:1

Refren: Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku,
“Mari kita pergi ke rumah Tuhan.”

*Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku,
“Mari kita pergi ke rumah Tuhan.”
Sekarang kaki kami berdiri
di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.

*Hai Yerusalem, yang telah didirikan
sebagai kota yang bersambung rapat,
kepadamu suku-suku berziarah,
yakni suku-suku Tuhan.

*Untuk bersyukur kepada nama Tuhan
sesuai dengan peraturan bagi Israel.
Sebab di Yerusalemlah ditaruh kursi-kursi pengadilan,
kursi-kursi milik keluarga Raja Daud.

*Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem:
“Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat kesentosaan.
Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu,
dan kesentosaan di dalam purimu!”

*Oleh karena saudara-saudara dan teman-temanku
aku hendak mengucapkan:
“Semoga kesejahteraan ada di dalammu!”
Oleh karena rumah Tuhan, Allah kita,
aku hendak mencari kebaikan bagimu.


Bait Pengantar Injil
Mzm 80:4

Ya Allah, pulihkanlah kami,
buatlah wajah-Mu bersinar, maka selamatlah kami.


iman-perwira
Bacaan Injil
Mat 8:5-11

“Banyak orang akan datang dari timur dan barat masuk Kerajaan Surga.”

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Pada waktu itu Yesus masuk ke kota Kapernaum.
Maka datanglah seorang perwira mendapatkan Dia
dan mohon kepada-Nya,
“Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh
dan ia sangat menderita.”

Yesus berkata kepadanya, “Aku akan datang menyembuhkannya.”
Tetapi perwira itu menjawab,
“Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku.
Katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
Sebab aku sendiri seorang bawahan,
dan di bawahku ada pula prajurit.
Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: ‘Pergi!’,
maka ia pergi;
dan kepada seorang lagi, ‘Datang!’, maka ia datang;
ataupun kepada hambaku, ‘Kerjakanlah ini!’,
maka ia mengerjakannya.”

Mendengar hal itu heranlah Yesus.
Maka Ia berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya,
“Aku berkata kepadamu,
sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Kujumpai
pada seorang pun di antara orang Israel.
Aku berkata kepadamu,
Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat,
dan duduk makan bersama dengan Abraham, Ishak dan Yakub
di dalam Kerajaan Surga.”

Demikianlah sabda Tuhan.


Renungan Injil
Bacaan Pertama hari ini menuliskan tentang nubuat Yesaya tentang “hari-hari terakhir”,maksudnya tentu akhir jaman.
Yang akan masuk ke Kerajaan Surga bukan hanya orang-orang Yahudi saja, melainkan orang akan berdatangan dari berbagai bangsa.

Pada waktu itu nanti, tak ada lagi peperangan.
Pedang-pedang tak lagi ada gunanya, maka didaur ulang menjadi mata bajak, tombak-tombak pun ditempa menjadi pisau pemangkas.
Peralatan perang sudah tidak diperlukan lagi, dan orang-orang tak perlu lagi berlatih perang.

Melihat perkembangan jaman sekarang ini, nampaknya justru yang sebaliknya yang terjadi.
Orang berlomba-lomba menciptakan senjata pembunuh masal, tidak lagi sekedar pedang dan tombak.
Ancaman nuklir dengan daya ledak yang dahsyat sungguh mengkhawatirkan.
Belum lagi senjata-senjata kimia yang tak kalah menyeramkan itu.

Tak ada satu  pun tempat di bumi ini yang dapat dikatakan aman dari serangan mesin pembunuh masal itu.
Seandainya terjadi perang dunia, dan semua orang menembakkan senjata-senjata pembunuh masal itu, maka hancurlah dunia ini.

Lalu, adakah tempat yang aman dari semua itu?
Ya, Yesaya mengatakan bahwa di Kerajaan Surga, tak ada nuklir atau senjata kimia.
Dan bahkan takkan pernah ada senjata yang dapat menembakkan pelurunya menuju Surga, wong letaknya saja tidak jelas bagaimana mau melontarkan nuklir ke sana?

Yesaya menyebutkan sebagai “Gunung Tuhan”, Gunung Sion, rumah Tuhan, tempat tujuan keselamatan kekal di akhir jaman.
Maka Yesaya mengajak kita untuk naik ke gunung Tuhan, berjalan menempuh jalan-jalan yang telah ditunjukkan kepada kita.
Tuhan telah mengundang dan menghimpun semua bangsa ke dalam kerajaan damai abadi Allah.
Maka marilah kita berjalan di jalan-Nya itu, agar kelak kita akan sampai di sana.


Peringatan Orang Kudus
Santa Barbara, Perawan dan Martir
Barbara dihormati sebagai pelindung orang-orang yang tertimpa bahaya angin taufan, dan pelindung para arsitek.
Legenda tentang riwayat hidupnya baru mulai beredar pada abad ketujuh dan menjadi sangat populer sekitar abad kesembilan.
Kebenaran legenda itu sulit dibuktikan,
namun apa yang dibeberkan di bawah ini adalah cerita yang ditemukan di dalam buku-buku tua.

Konon, Barbara hidup di Yunani pada awal abad ketiga,
dan meninggal dunia pada tanggal 4 Desember tahun 300.
Ia anak Dioscorus, seorang pedagang Romawi yang kaya raya.
Apabila ayahnya mengadakan perjalanan jauh
untuk urusan-urusan perdagangan,
Barbara ditinggal sendiri terkunci di dalam kamarnya di atas menara rumah mereka.
Pada suatu ketika ayahnya harus pergi karena sesuatu urusan bisnis:
“Manisku, ayah harus pergi!” kata Dioscorus kepada Barbara.
“Selama ayah pergi”, lanjutnya, “ayah akan menguncimu di loteng atas menara rumah kita, supaya kau selamat.
Dalam menara itu akan ku buatkan dua buah jendela untukmu
supaya kau dapat memandang keindahan laut
dan bila ayah kembali, kau bisa mengetahuinya.”

Ketika Dioscorus pulang,
ia melihat suatu keganjilan pada menara puterinya:
ada tiga jendela dan di atas pintu menara terpaku sebuah salib.
Dengan teliti dan tertegun ia heran akan semuanya itu.
Ia cemas. Kemudian dengan lantang ia menghardik Barbara:
“Apa yang telah kau lakukan?”
Dengan tenang Barbara menerangkan apa yang terjadi selama ayahnya bepergian: “Ketika ayah pergi, aku memanggil seorang imam.
Ia sangat baik dan mengajariku tentang Bapa yang Mahabaik yang mengutus Putera Tunggal-Nya ke dunia ini untuk menyelamatkan kita.
Tetapi Putera yang bernama Yesus itu dibunuh di kayu salib.”
“Lalu?” kata ayahnya dengan gusar.
Kata Barbara lebih lanjut: “Kini Tuhan Yesus mengutus Roh Kudus untuk membimbing kita kepada Bapa di surga.
Aku sungguh yakin dan mohon diselamatkan Tuhan Yesus.
Maka imam itu membaptis aku.
Untuk menghormati Tritunggal Mahakudus itu, aku menyuruh orang membuat jendela ketiga; dan supaya Yesus yang di salib itu tetap melindungi aku, maka kupasang salib di atas pintu masuk.”
Ayahnya melotot!
Ia geram dan tidak senang dengan perbuatan Barbara.
Sebab ayah itu masih percaya kepada dewa-dewa.
Dengan mata gelap, Dioscorus menyeret Barbara yang amat dicintainya itu sambil berteriak: “Ikuti aku ke pengadilan.
Kau harus menyangkal kepercayaanmu yang tidak masuk akal itu!”
Ketika itu Barbara baru berusia 14 tahun,
sehingga hakim tidak berani berbuat apa-apa.
Ayahnya bertambah berang dan menyeret Barbara untuk diserahkan kepada para algojo agar disiksa dan bisa menyangkal imannya.
Namun sia-sia saja usahanya.
Barbara tetap setia pada imannya.
Akhirnya, ia menghunus pedangnya dan menebas leher Barbara, buah hatinya sendiri.
Pada saat itu pun Dioscorus disambar petir dan mati seketika.

Konon Henry Koch, pria berkebangsaan Belanda, yang hidup pada abad kelimabelas, menaruh devosi besar kepada Barbara.
Ketika rumahnya terbakar, ia diselamatkan secara ajaib dari amukan api dan bertahan hidup sampai ia menerima Sakramen Pengurapan Orang Sakit.
Sejak saat itu, banyak orang berdoa dengan perantaraan Santa Barbara agar bisa mati dengan damai.
Barbara juga dihormati sebagai santa pelindung orang-orang yang menghadapi ajalnya dan pelindung orang-orang yang mengalami kematian mendadak.


Santo Kristian, Uskup dan Pengaku Iman
Kristian adalah misionaris suku bangsa Preussen, Jerman
dan uskup pertama Kulm.
Ia mendirikan banyak gereja dan menyebarkan Injil di daerah yang luas itu.
Selama enam tahun Kristian ditahan oleh orang-orang kafir di negeri itu, sampai akhirnya ia wafat pada tahun 1245.


Santo Osmund, Uskup dan Pengaku Iman
Osmund, seorang pegawai tinggi Raja William dari Normandia.
Ketika Raja William mengalahkan Raja Harold II dari Inggris dalam pertempuran bersejarah di Hastings pada tahun 1066, Osmund diangkat menjadi Kanselir Inggris.
Osmund dikenal jujur, berbakat pemimpin dan pandai.
Namun ia tidak lama menduduki jabatan terhormat itu karena lebih menyukai suasana hidup yang tenang;  ia sendiri lebih gemar membaca dan menyalin buku-buku rohani.
Perhatiannya lebih difokuskan pada kemajuan rohani umat terdorong oleh tuntutan dari tahbisan-tahbisan rendah yang sudah diterimanya.
Oleh karena itu ia berusaha membaharui semangat iman umat yang sudah merosot sekali terutama karena peperangan yang terus-menerus terjadi.

Pada tahun 1078, Osmund ditahbiskan menjadi Uskup Salisbury, Inggris.
Usahanya yang pertama adalah menyelesaikan pembangunan katedral yang sudah lama didirikan dan membaharui liturgi Gereja.
Untuk menjamin kesatuan liturgis,
ia mengeluarkan peraturan-peraturan tentang perayaan ekaristi, ofisi ilahi dan pemberian sakramen-sakramen.
Peraturan-peraturan yang disebutnya Ritus Sarum ini berlaku selama lima abad.
Uskup Osmund bersikap tegas terhadap orang-orang berdosa bersama imam-imamnya.
Ketegasan itu dimulainya dari dirinya sendiri.

Selama kepemimpinannya sebagai uskup ia menulis banyak buku dan mendirikan banyak gereja di seluruh keuskupannya.
Osmund memimpin keuskupan Salisbury selama 20 tahun. Ia meninggal dunia pada tahun 1099.
Kanonisasi dari Gereja atas dirinya sebagai ‘santo’ pada tahun 1457 adalah kanonisasi terakhir di Inggris sebelum masa reformasi.


Santo Yohanes dari Damsyik, Pujangga Gereja dan Pengaku Iman
Yohanes lahir pada tahun 650 di kota Damsyik.
Pada masa itu Damsyik berada di bawah kekuasaan kaum Sarasin.
Semenjak kecil ia dididik oleh seorang rahib Yunani.
Ayahnya, Sargun bin Mansur (seorang Arab Kristen) adalah menteri keuangan pada Khalif Abdel Malek di Damsyik (685-705).

Sepeninggal ayahnya, Yohanes-lah yang menggantikannya sebagai menteri keuangan.
Tetapi beberapa tahun kemudian ia meletakkan jabatan itu, lalu menjadi rahib di biara Mar Saba, dekat Yerusalem.
Di biara itulah ia menulis buku-buku pembelaan iman, khususnya yang berhubungan dengan penghormatan kepada arca-arca para orang kudus.
Dalam tiga buku apologetik yang ditulisnya, ia menegaskan bahwa umat Kristen menjunjung tinggi para kudus dan memberikan hormat istimewa kepada mereka karena keteladanan hidup mereka dalam menghayati iman Kristiani dan dalam menaati kehendak Allah.
Arca-arca para kudus itu menjadi bagaikan kaca, tempat umat Kristen bercermin diri perihal perilaku hidupnya sebagai orang Kristen.
Ia mengatakan: “Di dalam arca-arca itu, kami menyatakan perbuatan dan penderitaan orang-orang kudus, dan dengan memandangnya kami menjadi semakin suci dan semakin dikuatkan untuk mengikuti teladannya.”

Bersama seorang rahib lainnya, ia mencipta banyak syair dan madah-pujian.
Karya ini dicemooh oleh para rahib yang lebih tua, karena pada masa itu, pekerjaan menulis syair dianggap sebagai pekerjaan tercela, meskipun karya-karya itu bernafaskan nilai-nilai keagamaan.
Meskipun demikian Yohanes terus saja mencipta dan beberapa madah-pujian yang digubahnya masih tetap dinyanyikan hingga kini.
Yohanes meninggal dunia pada tahun 749.
Ia dihormati sebagai Pujangga Gereja dan Bapa Gereja Yunani yang terakhir.

Diambil dari:
http://liturgia-verbi.blogspot.co.id/
https://www.facebook.com/groups/liturgiaverbi

Leave a Reply

*

captcha *