Rabu Pekan Biasa XII 22 Juni 2016

Rabu Pekan Biasa XII
22 Juni 2016

PF S. Yohanes Fisher, Uskup, dan S. Tomas More, Martir
PF S. Paulinus dari Nola, Uskup



Bacaan Pertama
2Raj 22:8-13;23:1-3

“Di depan rakyat raja membacakan segala perkataan dari
kitab perjanjian yang ditemukan di rumah Tuhan,
dan diadakannyalah perjanjian di hadapan Tuhan.”

Pembacaan dari Kitab Kedua Raja-Raja:

Di masa pemerintahan Raja Hosea
Imam besar Hilkia berkata kepada Safan, panitera raja,
“Aku telah menemukan kitab Taurat di rumah Tuhan.”
Lalu Hilkia memberikan kitab itu kepada Safan,
dan Safan terus membacanya.
Kemudian Safan, panitera raja, masuk menghadap raja.
Ia melapor kepada raja,
“Hamba-hambamu ini telah mengambil seluruh uang
yang terdapat di rumah Tuhan
dan memberikannya kepada para pengawas
yang bertugas pada rumah Allah.”

Diberitahukannya juga kepada raja,
“Imam Hilkia telah memberikan sebuah kitab kepadaku.”
Lalu ia membacakannya di depan raja.
Segera sesudah mendengar isi Kitab Taurat itu
Raja Yosia mengoyakkan pakaiannya.

Kemudian raja memerintahkan Imam Besar Hilkia,
Ahikam bin Safan, Akhbor bin Mikha, Safan, si panitera,
dan Asaya, hamba raja,
“Pergilah, mintalah petunjuk Tuhan bagiku,
bagi rakyat dan seluruh Yehuda,
tentang perkataan kitab yang ditemukan itu.
Sebab murka Tuhan yang hebat bernyala-nyala terhadap kita,
oleh karena leluhur kita tidak mendengarkan perkataan kitab ini
dan tidak berbuat seperti yang tertulis di dalamnya.”

Sesudah itu raja menyuruh mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem.
Kemudian pergilah raja ke rumah Tuhan,
dan bersama-sama dia semua orang Yehuda
dan semua penduduk Yerusalem,
para imam, para nabi dan seluruh orang awam,
dari yang kecil sampai yang besar.
Di depan mereka semua
raja membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian
yang ditemukan di rumah Tuhan itu.

Sesudah itu berdirilah raja dekat tiang,
dan diadakannyalah perjanjian di hadapan Tuhan
untuk hidup dengan mengikuti Tuhan,
dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya,
peraturan dan ketetapan-ketetapan-Nya
dengan segenap hati dan segenap jiwa,
dan untuk menepati perkataan perjanjian,
yang tertulis dalam kitab itu.
Dan seluruh rakyat turut mendukung perjanjian itu.

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 119:33.34.35.37.40,R;33a

Refren: Perlihatkanlah kepadaku, ya Tuhan,
petunjuk-petunjuk ketetapan-Mu.

*Perlihatkanlah kepadaku, ya Tuhan,
petunjuk-petunjuk ketetapan-Mu,
aku hendak memegangnya sampai saat terakhir.

*Buatlah aku mengerti,
maka aku akan memegang Hukum-Mu;
dengan segenap hati aku hendak memeliharanya.

*Biarlah aku hidup menurut petunjuk perintah-perintah-Mu,
sebab aku menyukainya.

*Lalukanlah mataku dari hal-hal yang hampa,
hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan!

*Sesungguhnya aku rindu akan titah-titah-Mu,
hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu!


Bait Pengantar Injil
Yoh 15:4.5b

Tinggallah dalam Aku, dan Aku dalam kamu, sabda Tuhan;
barangsiapa tinggal di dalam Aku,
akan menghasilkan banyak buah.


Bacaan Injil
Mat 7:15-20

“Dari buahnyalah kalian akan mengenal mereka.”

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata,
“Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu
yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba,
tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
Dari buahnyalah kalian akan mengenal mereka.
Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri,
atau buah ara dari rumput duri?
Camkanlah
setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik,
sedang pohon yang tidak baik
menghasilkan buah yang tidak baik.
Tidak mungkin
pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik,
ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik,
pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
Jadi dari buahnyalah kalian akan mengenal mereka.”

Demikianlah sabda Tuhan.


Renungan Injil
Bacaan Pertama hari ini diambil dari kisah Raja Yosia yang ditulis dalam Kitab Kedua Raja-Raja.
Saya gagal faham mengapa Yosia ditulis sebagai Hosea.
Bukan persoalan nama ini yang penting, melainkan terjadinya pertobatan masal, raja beserta seluruh rakyat menyatakan bertobat, kembali kepada Tuhan.

Yang menarik dari pertobatan masal ini adalah cikal-bakal terjadinya pertobatan itu.
Umumnya orang bertobat setelah mengalami penghukuman, disembuhkan dari sakit berat, mengalami sendiri mujizat Tuhan atau oleh sebab lainnya, tetapi Raja dan rakyat Yehuda bertobat setelah mendengarkan firman Tuhan dari Kitab Taurat.
Adalah Safan, seorang panitera kerajaan, membacakan isi kitab di hadapan raja, yakni kitab yang diterimanya dari Imam Hilkia.
Segera setelah mendengarkan kita Taurat itu, raja mengoyakkan pakaiannya, lalu memberi perintah kepada semua bawahannya termasuk kepada imam Hilkia, untuk meminta petunjuk dari Tuhan, bukan dari Baal.

Bagaimana caranya agar Injil dapat mendorong dan menggerakkan orang supaya bertobat, mungkinkah?
Pastilah sebagian besar orang akan menjawab, “Sangat mungkin!” tetapi kebingungan saat menjawab “Bagaimana caranya?”

Ketika kecil, saya menganggap Injil seperti mata pelajaran agama, sama seperti mata pelajaran lainnya, terkadang menarik tetapi lebih sering membosankan.
Karena mempengaruhi nilai raport, mau tak mau, suka tak suka, pelajaran agama wajib hukumnya; tak terhindarkan.
Di perguruan tinggi pun agama merupakan mata kuliah wajib.
Jika seperti ini, mungkinkah saya dapat memandang Injil sebagai sesuatu yang hidup, yang dapat mendorong dan menggerakkan saya untuk berbuat menuruti perintah Tuhan?
Wong perintah dari orangtua, guru atau dosen saja sering saya “gratisin” atau saya “cuekin”, apalagi perintah dari yang tak saya kenal, yang tak nampak.

Tetapi ketika Erna, isteri saya, menyodorkan buku renungan tahunan kepada saya, persis seperti safan menyerahkan Kitab Taurat kepada raja Yosia, saya mulai tergerak untuk membacanya.
Saya tidak serta-merta mengoyakkan pakaian seperti yang dilakukan oleh raja Yosia, tetapi saya merasa ada sesuatu yang mengalir masuk ke dalam diri saya, sesuatu yang memantik api harapan di dalam hati saya, lalu saya pun bergumam dalam hati, “Saya mau kembali ke rumah Bapa; saya mau ‘pulang’.”

Saya merasa aneh, sekarang ini tak ada yang mewajibkan saya membaca Injil, tak ada yang memaksa-maksa saya, tetapi mengapa saya membacanya setiap hari?
Mengapa saya malah mengumpulkan orang-orang untuk bergabung di Liturgia Verbi, untuk menjadi saksi bagi saya, bahwa saya membaca dan merenungkan Injil setiap hari?
Untuk apa semuanya ini?

Iya, saya menemukan air yang tenang, yang melepaskan dahaga.
Saya menemukan padang rumput yang hijau.
Ada sesuatu yang telah membawa saya ke situ.
Dan saya tak ingin pergi ke situ sendirian; saya ingin mengajak orang-orang untuk melegakan dahaga di sana.
Janganlah biarkan orang lain mengalami hal-hal buruk seperti saya karena mengabaikan firman Tuhan yang tertulis di dalam Injil.
Janganlah biarkan mahasiswa di wisuda dengan sejuta harapan tetapi kekenyangan disodori yang wajib-wajib itu. Hendaknya para wisudawan itu dimampukan untuk melihat bahwa Injillah yang akan menghantarnya menuju harapannya.
Mari, turut bersama saya, kita ke padang rumput yang hijau itu…


Peringatan Orang Kudus
Santo Paulinus dari Nola, Uskup dan Pengaku Iman
Paulinus lahir dari sebuah keluarga bangsawan Romawi di Bordeaux, Prancis, pada tahun 353. Di antara kaum keluarganya yang berasal dari Spanyol, banyak yang berpangkat Senator, Prefek dan Konsul. Bakat sastera yang dimilikinya, serta pendidikan yang diperolehnya merupakan bekal dasar yang menguntungkan masa depannya. Ia menjadi seorang ahli pidato serta penyair masyhur yang dikagumi oleh Santo Hieronimus dan Agustinus.
Meskipun masih sangat muda, ia diangkat menjadi senator di Roma segera setelah ia menamatkan pendidikannya di sekolah tinggi. Tak lama kemudian, ia diangkat sebagai konsul di Nola menggantikan ayahnya. Di kota inilah ia untuk pertama kalinya menyaksikan perayaan Pesta Santo Feliks, martir. Dilihatnya ribuan orang berduyun-duyun ke kota untuk mengunjungi makam Santo Feliks. Paulinus terharu melihat orang-orang itu, yang dengan tekun merenungkan keteladanan Santo Feliks.
Dalam perjalanannya ke Prancis dan Spanyol untuk mengurus miliknya, ia dipermandikan di Bordeaux, kota kelahirannya, oleh Uskup Delphinus. Semenjak permandiannya ini, Tuhan mulai mencobainya. Kesengsaraan dan kesusahan turun silih berganti menimpanya. Tuhan menghendaki agar Paulinus melepaskan diri dari segala kemewahan duniawi dan sebaliknya erat bersatu denganNya. Ketika Paulinus berada di Spanyol, anaknya yang tunggal meninggal dunia. Hal ini sangat memberatkan dan menyedihkan hatinya, tetapi dengan penuh kepercayaan dan ketabahan dihadapinya. Sekarang mengertilah dia akan kehendak Allah. Ia meminta nasehat kepada Hieronimus tentang segala pengalamannya yang pahit.
Kepadanya Hieronimus mengatakan: “Putuskanlah hubungan dengan dunia dan pelajarilah Kitab Suci!” Maka Paulinus dan isterinya mengambil keputusan untuk hidup murni dan membagi-bagikan harta miliknya kepada para miskin. Corak hidup baru dijalaninya dengan sangat bijaksana, penuh bakti kepada Tuhan dan sesama.
Pada tahun 394, Paulinus ditahbiskan menjadi imam di Barcelona dan kemudian ia kembali ke Nola. Bersama dengan beberapa rekannya. Paulinus menjalani hidup sebagai biarawan. la bekerja mengolah tanah, berdoa dan menulis. Dari harta kekayaannya yang masih sisa, ia mendirikan sebuah gereja yang indah untuk menghormati Santo Feliks. Pada tahun 409, Paulinus diangkat menjadi Uskup Nola. Dengan bijaksana dan penuh cinta kasih ia membimbing umatnya. Ia berani membela umatnya dari segala rongrongan.
Ketika Italia diserang oleh bangsa-bangsa Eropa Timur, Paulinus mendermakan segala hartanya untuk menebus umatnya yang ditangkap dan diperbudak. Setelah semua hartanya habis, Paulinus sendiri menyerahkan dirinya untuk dipenjarakan sebagai pengganti seorang umatnya. Tetapi tak lama kemudian ia sendiri dibebaskan. Setelah lama mengabdikan dirinya pada Tuhan dan sesamanya, Paulinus meninggal pada tahun 431.


Santo Thomas Moore, Martir
Thomas Moore adalah martir Inggris, negarawan dan pengacara terkenal. Ia menjadi lambang kebanggaan para pengacara. Ia lahir di London pada tanggal 6 Februari 1478. Ayahnya Sir John Moore adalah seorang pengacara dan hakim pada Mahkamah Kerajaan. Ibunya Agnes Granger adalah seorang ibu yang saleh. Ketika memasuki usia remaja, Thomas memulai pendidikannya di Sekolah Santo Antonius di London. Kira-kira pada tahun 1490, ia menjadi pelayan Kardinal John Morton, Uskup Agung Carterbury. Di sana ia mendapat pelajaran bahasa Yunani di bawah bimbingan William Grocyn. Setelah itu ia memasuki pendidikan dalam bidang hukum di London. Setelah menyelesaikan studi hukum itu, ia menjadi anggota Parlemen pada tahun 1504.
Minatnya pada sastera klasik sangat besar. Oleh karena itu ia belajar lagi karya-karya klasik dari Aristoteles dalam bahasa Yunani. Selain mahir dalam bahasa Yunani, Thomas pun mahir berbahasa Latin dan Prancis, serta ahli di bidang sejarah, ilmu pasti dan musik. Keahlian-keahliannya ini membuat dia menjadi seorang pengacara yang populer tetapi juga orang yang ragu-ragu akan panggilan imamat yang sudah lama bergolak dalam batinnya.
Atas nasehat Pastor John Colet, pembimbing rohaninya, Thomas akhirnya mengambil keputusan untuk tetap menjadi awam Katolik yang berkecimpung dalam bidang politik. la kemudian menikah dengan Jane Colt pada tahun 1505. Tuhan mengaruniakan kepadanya tiga orang puteri dan seorang putera. Sepeninggal isterinya Jane Colt pada tahun 1511, Thomas menikah lagi dengan Alice Maddleton seorang janda.
Thomas benar-benar seorang awam Katolik yang beriman. Hidupnya sangat sederhana. Ia tidak pernah menerima uang semir untuk semua perkara yang ditanganinya. la bahkan berhasil memberantas korupsi dan kemalasan di dalam kantor Pengadilan Kerajaan. Sampai akhir hidupnya, ia tetap setia menjalankan tapa, doa dan renungan setiap hari. Seluruh anggota keluarganya setiap pagi diajaknya berdoa pagi dan malam. Pada waktu makan siang, mereka mendengarkan bacaan Kitab Suci atau riwayat Orang-orang Kudus. Dia sendiri setiap hari Jumat merenungkan sengsara Tuhan serta berbuat amal kepada orang­orang yang berkesusahan.
Keahliannya di bidang hukum dan sastera klasik membuat dia dikenal banyak orang hingga di luar negeri. Rumahnya ramai dikunjungi orang dan menjadi tempat pertemuan para ilmuwan dan seniman dari berbagai negara. Rakyat jelata sangat menyegani dan menghormatinya. Oleh karena itu, demi keberhasilan usahanya untuk memisahkan Gereja Inggris dari pengaruh Roma, Raja Henry VIII mengangkat dia menjadi Kanselir Kerajaan. Demi menunjukkan kepatuhannya kepada raja, Thomas menerima tugas ini. Tetapi tiga tahun kemudian ia mengundurkan diri sebagai protes terhadap tindakan Raja Henry VIII yang ingin kawin lagi secara tidak sah dan ingin mengangkat dirinya sebagai Kepala Gereja di Inggris. Ia mengasingkan diri ke pedalaman. Karena tidak menghadiri perkawinan raja dengan selirnya maka Thomas ditangkap. Namun beberapa hari berikutnya ia dibebaskan lagi. la dipanggil untuk mengucapkan sumpah setia kepada raja dan semua tindakannya, terutama sumpah untuk mengakui raja sebagai Kepala Gereja di Inggris. la bersama Uskup John Fischer menolak untuk bersumpah.
Bersama Uskup John Fischer, Thomas dipenjarakan lagi. Harta milik keluarganya disita. Keluarganya sangat menderita karena peristiwa itu. Mereka meminta Thomas agar mengikuti saja kehendak raja seperti dilakukan banyak Uskup. Tetapi Thomas menolak permintaan keluarganya itu dan tidak mau ikut main sandiwara. la dengan setia mengikuti bisikan suara hati dan keyakinannya.
Atas pertanyaan hakim: “Apakah engkau menganggap dirimu lebih bijaksana dan jujur daripada uskup-uskup dan pembesar-pembesar kerajaan ini?”, Thomas dengan tegas menjawab: “Meski uskup-uskup tidak sependapat dengan aku, ada ratusan orang kudus yang mendukung aku; meski parlemenmu tidak sependapat dengan aku, aku didukung oleh konsili-konsili umum yang telah berkali-kali diadakan; meski seluruh kerajaan tidak sependapat dengan aku, seluruh kerajaan Kristen sependapat dengan aku”.
Karena ketegasan dan pendiriannya itu, kepalanya dipenggal pada tanggal 6 Juli 1535. la mati sebagai seorang martir, seorang awam Katolik yang beriman kokoh.


Santo Yohanes Fischer, Uskup dan Martir
Yohanes Fischer adalah sahabat karib Thomas Moore dan Erasmus. Ia lahir di Baverley, Yorkshire pada tahun 1469 sebagai putera bungsu Roben dan Agnes Fischer.
Pada usia 14 tahun ia disekolahkan di Cambridge sampai memperoleh gelar Bakaleureat pada tahun 1487 dan gelar Master pada tahun 1491. Pada tahun itu juga ia ditahbiskan menjadi imam dalam usia 22 tahun. Kariernya terus meningkat dalam berbagai jabatan penting yang dipercayakan kepadanya: wakil kanselir, pembimbing rohani Lady Margareth Beaufort, ibu dari Raja Henry VIII dan usaha-usahanya dalam bidang pendidikan. Ia berhasil membujuk Lady Margareth untuk mendukung usaha Raja Henry dalam memajukan pendidikan. Ia mendirikan ‘Kolese Kristus’ dan dengan bantuan dana dari Lady Margareth ia mendirikan ‘Kolese Santo Yohanes’ di Cambridge. Masih banyak lagi usaha lain yang ia kerjakan demi pelayanannya kepada umat.
Pada usia 35 tahun, ia diangkat menjadi Uskup Bochester. la dikenal luas sebagai pengkhotbah ulung dan sebagai seorang uskup yang rajin dan bijaksana dalam rencana-rencananya. Sebagai orang yang cakap dalam ilmu ketuhanan, ia menulis beberapa buku antara lain tentang Sakramen Ekaristi (1527). Bahan-bahan khotbahnya sangat banyak diterbitkan.
Semua keberhasilannya demi pelayanan kepada umat dicapainya dengan banyak pengorbanan. Pada tahun 1529 tatkala ia menjabat sebagai penasehat Katarina dari Aragon, ia dengan tegas menentang kebejatan Raja Henry VIII, karena memperkosa Katarina. Karena itu ia dimusuhi oleh raja. Kecuali itu, ia berusaha keras untuk menggagalkan keinginan Raja Henry VIII untuk menjadi Kepala Gereja di Inggris. Selama itu hidupnya terus dibayang-bayangi ancaman kematian. Dua kali ia ditangkap dan dipenjarakan. Meski demikian ia tetap teguh pada pendirian dan imannya. Sementara mendekam di dalam penjara, Paus mengangkatnya menjadi Kardinal. Pengangkatan ini semakin memperhebat kemarahan Raja Henry, yang memuncak pada pembunuhan atas dirinya secara mengerikan. Pada tanggal 22 Juni 1535, ia dijatuhi hukuman mati penggal kepala. la dengan gagah berani menghadapi ajalnya demi umat, kebenaran dan Kristus. Ia seorang sarjana terkenal, ahli perpustakaan dan seorang uskup yang membaktikan diri sepenuhnya bagi kesejahteraan rohani umatnya. Pada tahun 1935, ia dinyatakan sebaga santo.


Beata Yulia Billiart, Biarawati
Yulia lahir pada tahan 1715 dan meninggal dunia pada tanggal 8 April 1816. Ia berasal dari sebuah desa kecil di wilayah Cuvilly, Prancis Utara. Ia dikenal juga sebagai salah seorang pendiri Perkumpulan Notre Dame de Namur di Belgia, yang mengabdikan diri di bidang karya pelayanan dan pemeliharaan anak-anak miskin.
Bakat mengajar telah berkembang dalam dirinya semenjak kecilnya. Selagi masih anak-anak, Yulia mengajar katekismus kepada teman-teman sebayanya. Ketika usianya menanjak remaja (14 tahun), ia sudah mengikrarkan kaul kemurnian hidup demi Tuhan. Perhatiannya kepada kepentingan orang lain semakin meluas. Selain tetap mengajar katekismus, ia pun mulai memalingkan perhatiannya kepada orang-orang sakit dengan melakukan kunjungan-kunjungan tetap. Di sana ia menghibur orang-orang sakit dan berdoa bersama mereka.
Suatu peristiwa pahit menimpanya ketika berusia 31 tahun. Tiba-tiba ia jatuh sakit, pincang dan cacat. Namun semuanya itu tidak memadamkan semangatnya untuk mengajar agama. Selama masa Revolusi Prancis, ia dengan berani melawan kaum revolusioner yang anti agama Katolik dan melindungi imam-imam dari bahaya pembunuhan. Karena tindakan-tindakannya ini, hidupnya sendiri pun terancam. Untuk menghindari bahaya atas dirinya, ia pergi ke Compiegne.
Pada tahun 1794, seorang sahabatnya mengungsikan dia ke Amiens. Di sini Yulia menjadi pelopor dan penggerak sekelompok wanita saleh untuk melakukan karya-karya amal. Di antara mereka terdapat Fransiska Blin de Bourdon, Viscountess de Gezaincourt yang menjadi sahabat Yulia. Bersama mereka Yulia mendirikan Perkumpulan Notre Dame, yang kemudian berkembang menjadi sebuah Kongregasi Suster Notre Dame.
Kira-kira pada tahun 1803, mereka mendirikan sebuah sekolah Katolik untuk remaja-remaja puteri sebagai awal Perkumpulan Notre Dame. Tujuan utama sekolah ini ialah mendidik remaja-remaja itu menjadi orang Katolik tulen. Meski demikian, sekolah inipun dimaksudkan untuk mendidik puteri-puteri itu menjadi guru-guru agama Katolik. Semua kegiatan pendidikan ini dilaksanakannya dengan girang hati dalam keadaan tetap pincang.
Pada tahun 1804, sesudah menjalankan doa novena selama lima hari, Yulia disembuhkan secara ajaib. la mulai berjalan normal kembali setelah menderita selama 22 tahun. Karya mereka segera tersebar dan dikenal luas. Sementara itu, perkumpulan ini telah diubah menjadi sebuah Kongregasi Suster, yang dikenal dengan nama Kongregasi Suster Notre Dame, yang mengabdikan diri di bidang pendidikan bagi kaum puteri.
Karena semakin berkembang luas dan dikenal, Kongregasi ini mendirikan lagi beberapa rumah biara di Belgia. Pada tahun 1809, Yulia pindah ke rumah induk biara Notre Dame di Namur, Belgia. la meninggal pada tanggal 8 April 1816. Pada tahun 1906, ia digelari sebagai ‘beata’.


Santo Albanus, Martir
Riwayat hidup Albanus ditulis oleh Santo Beda kira-kira pada tahun 700. Albanus adalah orang Kristen pertama yang dibunuh di kepulauan Britania, dan martir Inggris pertama pada akhir abad ketiga. Sejak abad pertama, kepulauan Britania berada di bawah kekuasaan Romawi. Iman Kristen yang berkembang di sana dibawa oleh tentara­tentara Roma yang beragama Kristen.
Pada masa penganiayaan umat Kristen di seluruh Kekaisaran Romawi sewaktu Diokletianus menjadi kaisar, ada seorang imam dikejar-kejar oleh tentara-tentara Romawi. Imam ini bersembunyi di rumah Albanus, seorang kafir. Selama persembunyiannya, imam ini mengajari Albanus ajaran-jaran iman Kristen.
Pada suatu hari, Albanus mengenakan pakaian imam itu dan berjalan-jalan di luar rumahnya. Ia segera ditangkap dan diseret ke pengadilan. Dengan berani ia mengakui diri sebagai penganut agama Kristen. Karena itu pengadilan Romawi segera menjatuhkan hukuman pancung atas dirinya di atas sebuah bukit yang disebut Verulamium. Oleh orang Inggris, bukit ini disebut bukit Saint Albans.

 

Diambil dari:
Liturgia Verbi, www.live.sandykusuma.info

Leave a Reply

*

captcha *