Hari Biasa, Pekan Biasa XI Senin, 15 Juni 2020

Liturgia Verbi (A-II)
Hari Biasa, Pekan Biasa XI

Senin, 15 Juni 2020

 


Bacaan Pertama
1Raj 21:1-16

“Nabot dilempari batu sampai mati.”

Pembacaan dari Kitab Pertama Raja-Raja:

Nabot, orang Yizreel, mempunyai kebun anggur di Yizreel,
di samping istana Ahab, raja Samaria.
Berkatalah Ahab kepada Nabot,
“Berikanlah kepadaku kebun anggurmu itu,
supaya kujadikan kebun sayur sebab letaknya dekat rumahku.
Sebagai gantinya akan kuberikan kebun anggur yang lebih baik,
atau jika engkau lebih suka,
akan kubayar harga kebun itu dengan uang.”
Jawab Nabot kepada Ahab,
“Semoga Tuhan mencegah aku
memberikan milik pusaka leluhurku kepadamu.”

Lalu masuklah Ahab ke dalam istananya dengan kesal hati.
Ia gusar karena perkataan Nabot, orang Yizreel itu,
“Aku tidak akan memberikan milik pusaka leluhurku kepadamu.”
Maka berbaringlah raja di tempat tidurnya
dan menelungkupkan mukanya;
ia tidak mau makan.

Lalu datanglah Izebel, isterinya, dan berkata kepadanya,
“Apa sebabnya hatimu kesal, sehingga engkau tidak makan?”
Lalu jawab Ahab kepadanya,
“Sebab aku telah berkata kepada Nabot, orang Yizreel itu,
‘Berikanlah kepadaku kebun anggurmu dengan bayaran uang
atau jika engkau lebih suka,
aku akan memberikan kepadamu kebun anggur sebagai gantinya.’
Tetapi sahutnya,
‘Tidak akan kuberikan kepadamu kebun anggurku itu.”

Kata Izebel, isterinya, kepadanya,
“Bukankah engkau yang menjadi raja atas Israel?
Bangunlah, makanlah, dan biarlah hatimu gembira!
Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur Nabot,
orang Yizreel itu.”

Izebel lalu menulis surat atas nama Ahab,
memeteraikannya dengan meterai raja,
lalu mengirim surat itu kepada tua-tua dan pemuka-pemuka
yang diam sekota dengan Nabot.
Dalam surat itu ditulisnya demikian,
“Maklumkanlah puasa
dan suruhlah Nabot duduk paling depan di antara rakyat.
Suruh jugalah dua orang dursila duduk menghadapinya,
dan mereka harus naik saksi terhadap dia, dengan mengatakan,
‘Engkau telah mengutuk Allah dan raja.
Sesudah itu bawalah dia ke luar
dan lemparilah dia dengan batu sampai mati.”

Para tua-tua dan pemuka yang tinggal sekota dengan Nabot
melakukan seperti yang diperintahkan Izebel kepada mereka.
Mereka memaklumkan puasa
dan menyuruh Nabot duduk paling depan di antara rakyat.
Kemudian datanglah dua orang, yakni orang-orang dursila itu,
lalu duduk menghadapi Nabot.
Orang-orang dursila itu naik saksi terhadap Nabot di depan rakyat,
katanya, “Nabot telah mengutuk Allah dan raja.”
Sesudah itu mereka membawa Nabot ke luar kota,
lalu melempari dia dengan batu sampai mati.
Kemudian mereka menyuruh orang kepada Izebel,
“Nabot sudah dilempari sampai mati.”

Segera sesudah mendengar,
bahwa Nabot sudah dilempari sampai mati,
berkatalah Izebel kepada Ahab,
“Bangunlah,
ambillah kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu, menjadi milikmu,
karena Nabot yang menolak memberikannya kepadamu
dengan bayaran uang,
sudah tidak hidup lagi; ia sudah mati.”
Ketika Ahab mendengar, bahwa Nabot sudah mati,
ia segera bangun
dan pergi ke kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu,
untuk mengambil kebun itu menjadi miliknya.

Demikanlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 5:2-3.5-6.7,R:2b

Refren: Indahkanlah keluh kesahku, ya Tuha.

*Berilah telinga kepada perkataanku, ya Tuhan,
indahkanlah keluh kesahku.
Perhatikanlah teriakku minta tolong,
ya Rajaku dan Allahku,
sebab kepada-Mulah aku berdoa.

*Engkau bukanlah Allah yang berkenan akan kefasikan;
orang jahat takkan menumpang pada-Mu.
Pembual tidak akan tahan di depan mata-Mu;
Engkau benci terhadap semua orang yang melakukan kejahatan.

*Engkau membinasakan orang-orang yang berkata bohong,
Tuhan jijik melihat penumpah darah dan penipu.


Bait Pengantar Injil
Mzm 119:105

Sabda-Mu adalah pelita bagi kakiku,
dan cahaya bagi jalanku.


Bacaan Injil
Mat 5:38-42

“Janganlah melawan orang yang berbuat jahat kepadamu.”

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata,
“Kallian mendengar, bahwa dahulu disabdakan,
‘Mata ganti mata; gigi ganti gigi.’
Tetapi Aku berkata kepadamu,
‘Janganlah kalian melawan orang yang berbuat jahat kepadamu.
Sebaliknya, bila orang menampar pipi kananmu,
berilah pipi kirimu.
Bila orang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu,
serahkanlah juga jubahmu.
Bila engkau dipaksa mengantarkan seseorang berjalan
sejauh satu mil,
berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
Berikanlah kepada orang apa yang dimintanya,
dan jangan menolak orang
yang mau meminjam sesuatu dari padamu.”

Demikianlah sabda Tuhan.



berdoa bagi orang sakit rohani
Renungan Injil
Kisah dari Kitab Raja-Raja pada Bacaan Pertama hari ini sungguh mengenaskan.
Pasangan suami-isteri, Ahab dan Izebel, adalah contoh pasangan yang mampu bekerjasama dan saling membantu, tetapi dengan perilaku yang sangat buruk.
Ahab dengan keserakahannya bersanding dengan Izebel yang culas atau licik, melakukan persekongkolan jahat terhadap Nabot, tetangga mereka, pemilik kebun anggur.
Hasil perbuatan jahat mereka sungguh tragis, Nabot dilempari batu sampai mati.

Bagaimana seandainya kita memiliki tetangga seperti Ahab-Izebel ini?
Seperti apa sikap kita terhadap mereka?
Tentu harus dipertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan akan melawan mereka, dihitung-hitung dahulu konsekuensi yang timbul akibat perlawanan yang kita lakukan.
Apakah kita akan melawan atau bagaimana?
Pada Bacaan Injil hari ini Yesus memberikan jawabannya, “Janganlah melawan orang yang berbuat jahat kepadamu.”
Namun demikian, tidaklah berarti Yesus meminta kita untuk tunduk dan menyerah kepada orang-orang jahat itu.
Yang perlu ditolak adalah kejahatan itu sendiri, karena jelas bertentangan dengan kehendak dan perintah Tuhan, tetapi orang yang melakukannya jangan dimusuhi apalagi dibalas dengan kejahatan juga.
Membalas kejahatan dengan kejahatan, “Mata ganti mata; gigi ganti gigi”, artinya kita pun berbuat jahat, berbuat yang sama dengan penjahat.

Para pelaku kejahatan ini dapat diumpamakan seperti orang yang sedang sakit, yakni sakit secara rohani.
Kepadanya perlu ditunjukkan atau dipertontonkan perbuatan baik, yakni perbuatan yang barangkali sudah tak berbekas di benak mereka, sehingga mereka memiliki opsi untuk dipilih: berbuat jahat atau baik.
Kita sebagai orang beriman, sebagai pengikut Kristus, diwajibkan untuk menolong orang-orang yang sedang sakit rohani ini, mengupayakan agar mereka bisa sembuh, agar terjadinya pertobatan.
Yesus meminta kita agar kita berdoa bagi mereka, agar mereka memilih opsi yang kita sodorkan dan meninggalkan pilihan buruk sebelumnya.
Dengan demikian sesungguhnya kita telah berpartisipasi dalam karya penyelamatan Kristus.


Peringatan Orang Kudus
Santo Vitus, Modestus dan Santa Kresensia, Martir
Vitus, Modestus dan Kresensia hidup pada abad ketiga pada masa pemerintahan Kaisar Diokletianus. Riwayat hidup mereka ditemukan dalam buku Hieronomianum, karangan Santo Hieronimus, yang mengisahkan riwayat para martir. Diceritakan bahwa Vitus, Modestus dan Kresensia adalah martir-martir dari propinsi Lucania, Italia Selatan. Kemungkinan mereka lahir di Sisilia. Relikui mereka yang masih ada sampai sekarang pernah diserahkan kepada Santo Denis di Paris pada tahun 775. Dari sana relikui itu dibawa ke Corvey atau New Corbie di Saxony pada tahun 836. Di Jerman ada kebaktian khusus untuk menghormati mereka sebagai martir. Mereka dihormati sebagai pelindung para penderita saraf epilepsi dan penderita gigitan binatang liar, serta pelindung para penari dan aktor.
Vitus adalah putera tunggal Hylas, seorang senator dari Sisilia. Ia menjadi penganut agama Kristen sejak kecilnya. Permandiannya sebagai orang Kristen dilakukan tanpa sepengetahuan orang-tuanya. Ia sudah menjadi orang suci dalam usianya yang muda itu. Dengan doa-doanya ia membuat banyak mujizat dan mempertobatkan banyak orang kafir dan orang berdosa.
Karena cara hidupnya dan segala yang terjadi melalui doa-doanya dianggap menambah keharuman nama orang-orang Kristen, maka Valerianus membujuk Hylas supaya memaksa anaknya untuk melepaskan imannya akan Kristus. Namun segala bentuk bujukan sang ayah tidak berhasil mematahkan keteguhan iman Vitus. Valerianus yang berkuasa terpaksa menempuh tindakan berani tanpa memperhatikan lagi kedudukan Hylas sebagai senator. Pertama-tama Valerianus menempuh cara halus dengan membujuk Vitus. Ia memberikan janji-janji muluk kepada Vitus. Tetapi pendirian Vitus tidak tergoncangkan. Melihat sikap keras Vitus ini, Valerianus meningkatkan tindakannya dengan mengancam dan menakut-nakuti Vitus. Ancaman-ancaman ini pun tidak mempan. Akhirnya Vitus ditangkap dan disiksa dengan keji. Namun semua penyiksaan atas dirinya tidak mampu menggoyahkan pendirian dan keteguhan imannya.
Oleh campur tangan Allah, Vitus berhasil meloloskan diri dari Sisilia bersama dua orang pengasuhnya: Modestus dan Kresensia. Seorang malaekat menuntun perahu yang mereka tumpangi menuju Lucania. Di Lucania mereka mewartakan Injil kepada penduduk setempat. Kemudian mereka pergi ke Roma. Di sana Vitus menyembuhkan putera Kaisar Diokletianus. Meski demikian, Diokletianus memaksanya untuk menyembah berhala. Pemaksaan ini ditolak Vitus dengan tegas.
Oleh karena itu, bersama Modestus dan Kresensia, Vitus disiksa dengan berbagai cara. Mereka dimasukkan ke dalam bak air yang mendidih dan kemudian dilemparkan ke sarang singa. Tetapi Tuhan tetap melindungi hamba-hambaNya. Singa-singa ganas itu tidak berbuat apa­apa terhadap mereka, bahkan sebaliknya menjilat kaki-kaki mereka. Melihat semua kejadian ajaib itu, mereka segera diikat dan ditarik oleh kuda sepanjang jalan-jalan kota, hingga tubuh mereka terkoyak-koyak. Ketika itu terjadilah angin taufan yang menghancurkan kuil berhala serta menewaskan banyak orang di kota itu. Mereka kemudian diselamatkan oleh seorang malaekat Tuhan ke Lucania. Akhirnya mereka dibunuh pada tahun 303.


Santa Germana Cousin, Perawan Kudus
Germana Cousin lahir pada tahun 1579. Ayahnya seorang petani di desa Pibrak, Prancis. Ibunya meninggal dunia sewaktu ia masih bayi. Kemungkinan karena ditinggal mati ibunya sejak kecil, Germana selanjutnya bertumbuh besar sebagai seorang yang tidak sehat badannya. Badannya lemah karena sakit paru-paru yang menimpanya, dan tangan kanannya yang lumpuh. Penderitaan ini semakin hebat tatkala ayahnya menikah lagi. Ia sungguh dianaktirikan oleh isteri kedua ayahnya. Ia diperlakukan bukan sebagai anak, tidak diperbolehkan bergaul dengan adik-adiknya, tempat tidurnya di kandang domba atau di sudut bawah tangga rumah, dibiarkan kedinginan dan kelaparan. Padahal sehari-harinya ia dengan tekun menjaga domba-domba ayahnya.
Meski hebat penderitaan yang ditanggungnya, hatinya yang hampa kasih sayang duniawi manusia diisi Tuhan dengan cintakasih dan penghiburan ilahi. Germana yang sehari-harinya bertugas menjaga domba-domba di padang rumput, rajin merayakan Misa Kudus dan rajin berdoa setiap hari. Apabila tak ada orang yang menggantikannya menjaga domba-dombanya, ia meninggalkan saja domba-domba itu di padang rumput agar bisa menghadiri perayaan Misa Kudus untuk menyambut Tubuh Tuhan. la yakin bahwa Tuhan akan memelihara dia dari segala yang jahat. Selain rajin berdoa dan mengikuti perayaan Misa Kudus, ia juga rajin mengumpulkan anak-anak sekolah dan bercerita kepada mereka tentang Yesus dan Bunda Maria.
Germana meninggal dunia pada tahun 1601 tatkala berusia 22 tahun. Peristiwa kematiannya tak diketahui siapapun termasuk anggota keluarganya. Pagi-pagi sekali ia ditemukan di atas tempat tidurnya di bawah tangga rumah dalam keadaan tidak bernyawa lagi. Kematiannya merupakan saat Allah menyatakan kesucian dirinya. Pada malam kematiannya, dua orang imam yang ada di daerah itu melihat pawai besar gadis-gadis menuju rumah Germana. Gadis-gadis ini kembali bersama-sama dengan seorang temannya yang bermahkotakan bunga-bunga. Keesokan harinya, kabar kematian Germana sampai kepada imam-imam itu. Peristiwa ajaib ini adalah peristiwa pertama yang ditunjukkan Allah untuk menandakan kesucian Germana kepada orang di sekitarnya.
Selama 43 tahun tak ada lagi peristiwa luar biasa yang terjadi di atas kubur Germana. Ketika seorang anggota keluarganya meninggal dunia, kuburan keluarga itu dibuka lagi. Betapa heran orang-orang yang datang ke kubur Germana. Mereka mendapati jasad Germana masih terbaring dalam keadaan utuh dan segar. Sejak itu banyak terjadi mujizat di kubur Germana. Pada tahun 1867 Germana dinyatakan kudus oleh karena kesabarannya menanggung penderitaan sebagai anak tiri.


Beata Paola Gambara Costa, Pengaku Iman
Paola lahir di Brescia, Italia pada tahun 1473 dari sebuah keluarga kaya-raya. Semenjak kecil ia sudah tertarik pada hal-hal kerohanian yang menjadi kewajiban imannya. Pada usia 12 tahun, ia menikah dengan Ludoviko Cantonio Costa, seorang pemuda bangsawan. Ia amat rajin berdoa, merayakan Ekaristi serta penuh cinta pada suaminya. Tuhan menganugerahkan kepadanya kecukupan dalam kebutuhan. kebutuhan hidup sehari-hari sebagaimana dialami oleh Nabi Eliza, dan semangat kedermawanan seperti Santa Elisabeth Hunggaria. la menjadi anggota Ordo Ketiga Santo Fransiskus dan banyak melakukan tanda­tanda heran. Paola wafat pada tanggal 31 Januari 1515 pada usia 42 tahun.


Santo Vladimir, Pengaku Iman
Raja Santo Vladimir I adalah Pangeran Kristen pertama dari negara Kiev, Rusia Selatan (Slavia Timur). Ia memerintah dari tahun 980 sampai 1015. Cucu Santa Olga (+ 969) ini dihormati sebagai santo pelindung Rusia. Ia lahir di Kiev kira-kira pada tahun 956. Semenjak kecilnya, ia dididik dan dibesarkan dalam lingkungan dan adat-istiadat kafir. Olga neneknya terus menerus mempengaruhi dia agar menjadi Kristen.
Sepeninggal ayahnya, Pangeran Sviatoslav dari Kiev (964-972), Vladiniir terlibat dalam pertikaian hebat dengan kedua adiknya laki-laki untuk memperebutkan hak kepemimpinan atas negara Kiev. Pada tahun 980 ia mengambil alih ibukota Kiev, dan memaksakan kekuasaannya pada kedua saudaranya. Pada waktu itu, ia tampil sebagai seorang penentang keras misionaris-misionaris Kristen pertama yang menyelusup masuk ke dalam wilayah Kiev dari Bulgaria, sebuah negeri Kristen Slavia lainnya. Namun perlakuannya yang kejam terhadap para misionaris itu berakhir tatkala pada tahun 988 ia menikah dengan Anna yang beragama Kristen. Anna adalah puteri Raja Basilius II dari Kekaisaran Romawi Timur atau Byzantium. Atas tuntutan Anna, Vladimir bersedia dipermandikan menjadi Kristen.
Semenjak itu, ia memusatkan perhatiannya pada usaha mengkristenkan seluruh rakyatnya dan mendirikan gereja-gereja, antara lain Katedral Tiches di Kiev. Untuk maksud luhur itu, ia mendatangkan banyak rahib dari Yunani. Di atas semuanya itu ia berusaha mempertemukan kebiasaan-kebiasaan dan hukum-hukum negara Kiev dengan ajaran moral Kristen. Selama masa kekuasaannya, ia sungguh-sungguh berjuang memperluas wilayah kekuasaan bangsa Kiev, Rusia. la menciptakan kesatuan politik di seluruh negeri dengan mengangkat 12 puteranya menjadi gubernur di berbagai wilayah kerajaan.
Vladimir meninggal dunia pada tanggal 15 Juli 1015 di Berestovoe, Rusia. Dua orang puteranya, yaitu Boris (atau Romanus) dan Gleb (atau David) dibunuh sebagai martir pada waktu terjadi pemberontakan dari orang-orang kafir.

Diambil dari:
http://liturgia-verbi.blogspot.co.id/

Leave a Reply

*

captcha *